Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Barito Timur Harap Peran BKMT Tangkal Radikalisme

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Agustus 2020 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Abdul Majid Rahimi berharap peran Badan Kontak Majelis Taklim atau BKMT dalam menangkal radikalisme serta pengajaran agama yang menyimpang.

Harapan tersebut disampaikan Abdul Majid Rahimi menanggapi pengukuhan pengurus BKMT Barito Timur untuk periode 2020-2025.

Selain itu, dia juga berharap BKMT dapat memberikan penyuluhan kepada umat dengan mendatangkan guru-guru agama dan tokoh agama untuk memberikan pengajaran yang benar kepada masyarakat.

"Kami mendukung keberadaan BKMT dan juga berharap dapat membantu Kemenag dalam memantau majelis taklim yang ada," kata Abdul Majid, Rabu 19 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, BKMT merupakan wadah berkumpul, berbagi, dan menambah wawasan pengetahuan serta norma agama Islam.

Majid Rahimi mengakui, selama ini majelis taklim yang ada di Barito Timur belum terdata dengan baik. Karena itu, BKMT dapat mengambil peran untuk mendukung Kementerian Agama dalam memantau dan mendata majelis taklim yang ada.

"Sekarang kami tidak tahu persis berapa jumlahnya karena ada yang membentuk majelis taklim tapi tidak melapor ke Kantor Kementerian Agama, bahkan legalitasnya pun belum tahu. Misalnya di SK-kan kepala KUA atau tidak terdaftar sama sekali," ujarnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru