Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diversifikasi Pangan Berperan Mengurangi Konsumsi Beras

  • Oleh James Donny
  • 19 Agustus 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Asisten II Setda Kabupaten Pulang Pisau Bidang Pembangunan Ekonomi, Hanafi mengatakan diversifikasi pangan akan berperan untuk mengurangi konsumsi beras di masyarakat.

"Bukan berarti dengan adanya program diversifikasi ini masyarakat dilarang makan nasi, tapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari sumber karbohidrat lainnya selain beras," katanya.

Menurutnya penduduk semakin bertambah, dan yang konsumsi beras semakin meningkat, sementara lahan padi diharapkan juga supaya tidak berkurang.

"Ini yang harus diantisipasi kenapa harus ada diversifikasi," tambah mantan Kepala Ketahan Pangan Pulang Pisau ini.

Menurutnya diversifikasi pangan merupakan salah upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan memperhatikan sumber daya, kelembagaan, dan budaya, serta kearifan lokal.

Dengan adanya penganekaragaman ini, masyarakat akan memperoleh pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

"Dengan adanya penganekaragaman ini dapat mengurangi ketergantungan konsumen pada satu jenis pangan salah satunya adalah beras," katanya.

Menurut Hanafi tingginya konsumsi karbohidrat khususnya beras dibandingkan dengan sumber pangan lainnya menyebabkan tingginya kebutuhan akan beras di masyarakat.

"Kabupaten Pulang Pisau merupakan wilayah memiliki banyak sumber pangan lokal yang juga dikonsumsi masyarakat kita sehari-hari, dan sumber pangan lokal inilah yang harus dikembangkan sebagai kebutuhan pokok," ujarnya. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru