Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Ambil Alih Pembangunan Pasar Mangkikit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Agustus 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penyelesaian pembangunan Pasar Mangkikit oleh investor PT Herald Eranio Jaya diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pasalnya, sudah hampir 5 tahun, pembangunan pasar belum juga selesai. 

"Pembangunan kami ambil alih karena pedagang banyak yang protes. Apalagi sudah banyak yang melunasi, namun pasar tersebut tidak juga selesai," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim, Halikinnor, Kamis, 20 Agustus 2020. 

Saat ini, tim pemerintah daerah masih menghitung biaya bangunan yang sudah berdiri tersebut dan juga teknis penyelesaiannya dengan investor.

"Nanti kalau sudah selesai semua, akan kami lanjutkan pembangunannya. Sehingga pedagang bisa segera menempati pasar tersebut," kata Halikinnor. 

Peletakan batu pertama pembangunan tersebut sendiri dilakukan pada Februari 2015 lalu. Pasar tersebut dibangun 3 lantai dan diperkirakan menghabiskan dana Rp 20 miliar. Kapasitas sendiri sekitar 578 kios.

Target awal diperkirakan pembangunan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 bulan saja. Namun kenyataan di lapangan, hingga saat ini belum juga rampung.

Apalagi mereka saat ini hanya berjualan pada lapak seadanya di belakang pasar tersebut, yakni samping Kodim 1015 Sampit. 

"Setelah selesai berurusan dengan pihak ketiga tersebut, kami akan segera membahas kembali terkait pembangunannya. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar, dan pedagang bisa segera menempati kios-kios tersebut," terang Halikinnor. 

Sementara, pembangunan Pasar Mangkikit tersebut diperkirakan sudah mencapai 85%. Saat ini los-los sudah terbentuk, namun lantai belum dikeramik dan juga dinding masih belum rapi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru