Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Nanga Bulik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Agustus 2020 - 20:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kebakaran lahan terjadi di kota Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau tepatnya belakang perumahan dan Kantor Perusda Bajurung Raya, Jalan Sudiro, Kamis 20 Agustus 2020.

Kebakaran yang menghanguskan hamparan lahan sekitar 5 hektare ini baru diketahui pukul 12.30 WIB saat tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lamandau menerima informasi adanya titik api di Lahan milik salah seorang warga RT 01 Nanga Bulik.

Lalu tim yang terfiri dari Satpol PP dan Damkar, BPBD, TNI, dan Polri kurang dari 10 menit tiba di lokasi beserta 4 mobil pemadam.

Medan yang cukup sulit menembus titik api cukup merepotkan petugas. Saat proses pemadaman berlangsung, petugas juga berjibaku dengan kobaran api yang melalap lahan kering ditambah tiupan angin kencang.

"Kebakaran lahan yang terjadi kali ini medannya cukup berat karena rawa dan tanaman yang tumbuh diatasnya sangat banyak dan kering, terlebih cuacanya panas serta ngin juga cukup kencang," ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Lamandau, Triadi.

Sementara terpantau juga tim pemadam kebakaran dari unsur TNI anggota Koramil 01 Bulik terus berupaya melokalisasi titik api agar tidak meluas.

Meski upaya pemadaman berlangsung cukup lama, namun tim gabungan akhirnya dapat memadamkan api 1 jam kemudian.

"Meski api di lahan yang terbakar sudah padam, namun tim gabungan baru kembali ke pos sekitar pukul 15.40 WIB. Karena setelah apinya kita padamkan, kita juga melakukan upaya pendinginan di sejumlah titik agar api tidak kembali muncul," ujarnya.

Hingga kini belum diketahui asal dan sumber kebakaran lahan yang terjadi. Kebakaran yang terjadi juga dipastikan tidak menelan korban jiwa. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru