Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teten Masduki Luncurkan Platform e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor

  • Oleh Teras.id
  • 21 Agustus 2020 - 11:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki meluncurkan aplikasi digital e-Brochure Smesco. Platform ini bisa membantu pelaku bisnis UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya secara digital.

"Digitalisasi e-Brochure untuk memperluas akses pasar bagi produk UMKM", kata Teten dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2020.

Teten mengatakan platform ini tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan KUMKM seluruh Indonesia. Platform ini juga menyediakan fitur yang memudahkan terjadinya transaksi jual beli secara langsung, antara pelaku UMKM sebagai penjual dengan masyarakat yang menjadi target pasarnya.

Teten menyebut aplikasi e-Brochure simpel dan mudah diaplikasikan, termasuk untuk kalangan orangtua. "Tidak semua pelaku UMKM bisa dan mampu berjualan di marketplace. Melalui e-Brochure, bisa dijadikan sebagai ajang latihan untuk masuk ke ekosistem digital," kata dia.

Selain platform e-Brochure, Teten juga meluncurkan Sekolah Ekspor. Menurut dia, ini adalah salah satu langkah konkrit untuk menggairahkan UKM dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan ekspor.

Teten mengakui pelaku UMKM masih menghadapi beberapa kendala klasik. Diantaranya, kapasitas produksi masih rendah hingga standar produk berupa sertifikat dari negara tujuan.

Teten meyakini masalah itu bisa mulai diselesaikan dengan Sekolah Ekspor. Sebab, sekolah ini bukan sekadar ajang pelatihan ekspor, tapi juga terhubung dengan pasar. "Akses pembiayaan, perijinan ekspor, bea cukai, hingga memanfaatkan potensi diaspora," kata dia. (TERAS.ID)

Berita Terbaru