Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Konstruksi Jembatan Cable Stayed di Sungai Arut Sejajar dengan Kelas Dunia

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Agustus 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalaui Dinas PUPR Kobar membangun Jembatan Cable Stayed atau Kabel Pancang yang membentang di Sungai Arut. Konstruksi jembatan itu disebut sejajar dengan kelas dunia.

Kepala Dinas PUPR Kobar, Juni Gultom mengatakan, proses pembagunan jembatan kabel pancang tipe A ini didukung ahli jembatan Indonesia.

"Semoga pembangunan jembatan ini dapat terselesaikan tepat waktu, yaitu 3 tahun. Kami juga perlu dukungan dana baik dari pemerintah provinsi maupun pusat," ujar Junni Gultom.

Jembatan cable stayed ini untuk menggantikan jembatan yang ada dan sudah tidak layak. Jembatan itu bertonase 25 ton dengan lebar 9 meter dan panjang bentang 100 meter. 

Saat ini, pemkab sedang melakukan koordinasi dengan PUPR Provinsi Kalteng dalam rangka permohonan bantuan untuk bangunan bagian atas jembatan. Lainnya, juga ada komunikasi dengan Kementerian PUPR RI.

"Keberadaan jembatan tersebut cukup sentral untuk akses masyarakat dan mendongkrak perekonomian. Karena menjadi penghubung antar kabupaten bahkan antara provinsi," ungkapnya.

Dia menambahkan dan berharap, itu menjadi ikon jembatan termegah di bagian Barat Kalimantan Tengah.

"Saat ini pengerjaannya memasuki proses pengecoran pada bagian bawah," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru