Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertanian di Barut Dapat Tambahan Program Intensifikasi Padi Ladang Seluas 3 Ribu Hektar

  • Oleh Ramadani
  • 22 Agustus 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pada tahu 2020 ini, Pertanian di Kabupaten Barito Utara mendapatkan tambahan luasan lahan untuk padi ladang sekitar 3 ribu hektar dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Ir Setia Budi, Sabtu 22 Agustus 2020 mengungkapkan bahwa tambahan luasan lahan padi ladang tersebut merupakan bagian program  instensifikasi padi ladang dalam rangka meningkatkan hasi pertanian.

Program tersebu, kata Setia Budi, dengan cara mengoptimalkan lahan pertanaian yang sudah ada dan melakukan pengembangan padi ladang. 

“Tahun 2020 ini kita mendapat tambahan program intensifikasi padi ladang. Tambahan program ini dalam rangka pengembangan padi ladang di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata  Setia Budi.

Dikatakan Setia Budi, menurut Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah (Kalteng), Kabupaten Barito Utara merupakan terbesar se Kalteng untuk luasan lahan padi ladang. 

“Dengan adanaya tambahan sekitar 3 ribu hektar, kini luasan pertanian padi ladang di Kabupaten Barito Utara sekitar 6 ribu hektar.," jelasnya. 

Selain mendapat tambahan luasan lahan padi ladang, tambah dia,  pemerintah pusat juga akan membantu  benih dan pupuk.

Setia Budi menambahkan, Dinas Pertanian Barito Utara juga pada tahun ini akan mengusulkan tambahan perluasan tanaman jagung. “Dinas Pertanian Barito Utara banyak menerima permohonan dari para petani agar bisa menambah luasan lahan tanaman jagung. Kita mengusulkan perluasan lahan tanaman jagung sekitar 1000 ha, mudahan-mudahan usulan kita nantinya distujui,” tutur Setia Budi. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru