Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kedai Kopi dan Warung Makan di Kasongan Mulai Beroperasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Agustus 2020 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warung makan dan kedai kopi di Kasongan, Kabupaten Katingan turut terimbas pandemi covid-19, dan terpaksa sempat menghentikan operasionalnya. Namun seiring dengan situasi, sektor usaha tersebut kembali dibuka. Seperti warung makan dan kedai di Jalan Tjilik Riwut Km 2 Kasongan ini kembali beroperasi sejak.

"Tempat usaha kita ini baru kembali dibuka setelah lima bulan terakhir tutup karena pandemi Covid-19," tutur Yano, pemilik warung makan dan kedai kopi di Jalan Tjilik Riwut Km 2 Kasongan.

Menurutnya, tempat usahanya ini sudah berdiri sejak lima tahun lalu, dan memiliki beberapa karyawan. Namun selama pandemi Corona, para karyawannya tidak lagi bekerja.

"Mulai Sabtu mereka kembali bekerja," imbuhnya.

DPRD sambut baik

Sementara itu, kalangan DPRD Katingan menyambut baik pembukaan kembali  tempat-tempat usaha, seperti warung makan dan kedai kopi di daerah itu.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah, pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Kabupaten Katingan sangat berdampak terutama dengan usaha masyarakat, seperti warung makan dan kedai kopi.

"Namun dengan situasi new normal secara nasional untuk kegiatan sektor usaha bisa kembali, seperti warung makan dan kedai kopi milik di Kasongan ini," kata Nanang Suriansyah.

Kehadiran usaha kedai kopi juga mendapat apresiasi Nanang Suriansyah. Bahkan, menurutnya menunjukkan geliat perekonomian daerah.

"Ide dan gagasan ini kreatif dalam rangka mengembangkan usaha," ujarnya.

Adanya warung makan dan kedai kopi ini, juga memberikan salah satu contoh, terutama kepada generasi muda lainnya dalam rangka mengembangkan kreativitas membangun usaha lainnya. Apalagi sektor ini bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah.

"Situasi new normal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk membuka usahanya, tetapi harus tetap memerhatikan protokol kesehatan," imbuh Nanang Suriansyah. (ABDUL GOFUR/)

Berita Terbaru