Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Soroti Kinerja BUMD

  • Oleh Naco
  • 23 Agustus 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kalangan DPRD Kotawaringin Timur menyoroti kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Habaring Hurung. Salah satunya, BUMD yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi daerah,  justru masih stagnan dan tidak memiliki kegiatan serta penghasilan.

“Satu tahun setelah dilantik, BUMD Kotim masih belum terlihat kiprahnya dalam peningkatan kinerja," kata Ketua Komisi II DPRD  Kotim, Hj Darmawati, Minggu, 23 Agustus 2020.

Apalagi di tengah kondisi keuangan seperti ini, daerah hanya mengandalkan dana transfer dari pemerintah pusat maupun sektor PAD yang berkutat di usaha jasa. 

Dia menambahkan, BUMD harus menjadi ujung tombak dalam peningkatan PAD. Dari itu dirinya meminta pemerintah daerah dapat mengevaluasi kinerja BUMD.

"Kalau memang BUMD ingin maju, maka harus dikelola kalangan profesional. Sehingga bisa jadi andalan pemerintah kabupaten untuk menambah PAD. Karena semangat dibentuknya BUMD itu untuk menambah hasil pendapatan daerah," kata dia.

Menurutnya DPRD mengusulkan agar BUMD ini bisa bergerak di bidang usaha perkebunan hingga usaha pelabuhan. Karena dari sisi peluang dua sektor ini sangat potensial untuk digarap.

“Kita sudah punya pelabuhan dermaga sendiri entah kenapa itu tidak dimaksimalkan. Sementara pelabuhan-pelabuhan tikus ini harusnya diarahkan ke dermaga pemerintah, saya yakin di situ akan jadi pendapatan besar,” tegasnya.

Begitu juga dengan usah  perkebunan. Pemerintah daerah bisa bergerak di bidang pengolahan buah kelapa sawit. Artinya mereka menyerap buah milik petani sawit, kemudian diolah melalui pabrik yang dibangun pemerintah daerah. (NACO/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru