Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pidato di HUT ke-22, Jokowi: Saya Percaya PAN Sejalan dengan Semangat Pemerintah

  • Oleh Teras.id
  • 23 Agustus 2020 - 22:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai yang memiliki semangat reformasi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-22 kepada PAN lewat sebuah video yang ditayangkan pada Ahad, 23 Agustus 2020. Semangat reformasi PAN, kata Jokowi, sejalan dengan pemerintah.

"Saya percaya PAN sejalan dengan semangat pemerintah yang sedang berjalan," kata Jokowi dalam tayangan video. Jokowi mengajak PAN turut serta melakukan perubahan dalam masa krisis pandemi Covid-19 ini.

"Kita harus bergerak serentak mendobrak semua tantangan dengan melakukan langkah perbaikan yang extra ordinary untuk melakukan lompatan menuju Indonesia Maju yang kita cita-citakan," ujar Jokowi.

Pada Pilpres 2019, PAN berada di luar gerbong koalisi Jokowi-Ma-ruf. PAN bersama PKS, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra mendukung pasangan calon Prabowo-Sandi.

Usai Pilpres, Gerindra merapat ke kabinet Jokowi. Sementara PAN bersama dua partai lainnya masih berada di luar pemerintahan.

Hingga saat ini, PAN belum menegaskan sikap ihwal kemungkinan bergabung ke pemerintahan Jokowi. Namun, pimpinan PAN beberapa kali kedapatan menemui Presiden Jokowi.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat, 6 Maret 2020.

Pertemuan tersebut digelar tertutup. Usai bertemu Jokowi, wartawan sempat mengejarnya untuk diwawancarai, namun Zulkifli Hasan langsung ngacir.

Selanjutnya, sejumlah elite PAN kembali datang menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 20 Juli 2020. Para elite PAN berdalih pertemuan itu hanya silahturahmi biasa saja. (TERAS.ID)

Berita Terbaru