Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koperasi di Barito Timur Diharapkan Bertahan saat Pandemi Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Agustus 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Barito Timur, Ina Karuniani Gandrung berharap koperasi di Barito Timur tetap survive atau bertahan saat pandemi covid-19.

"Pelatihan ini sangatlah bermanfaat. Salah satunya sebagai modal tambahan terutama untuk para peserta yang kelak akan terjun dan konsisten serta berkomitmen memajukan sebuah usaha yang ditekuni," kata Ina Harapan saat pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas SDM koperasi dan UMKM di, Senin 24 Agustus 2020.

Menurut Ina, pandemi covid-19 benar-benar berdampak pada semua segi, mulai dari kesehatan, kehidupan sosial hingga ekonomi. Dan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, setiap orang diwajibkan untuk tetap di rumah. Ini menyebabkan ruang dan gerak menjadi sempit serta terbatas.

Untuk itu, dia berharap pengurus dan anggota koperasi dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut dan mulai bertransisi agar dapat bertahan.

"Dengan kondisi seperti saat ini, koperasi sebagai badan usaha yang berbasiskan anggota dituntut untuk semakin cerdik dalam memanfaatkan segala peluang bisnis yang ada. Harus menjalankan usaha secara efektif, efesien, serta profesional sehingga memiliki daya saing tinggi dalam persaingan pasar yang semakin kompetitif," imbuh Ina.

Dia menambahkan, koperasi sebagai lembaga bisnis yang berbasis anggota harus konsisten mempertahankan jati diri koperasi dalam menghadapi kekuatan ekonomi yang berbasis modal.

"Caranya yakni dengan meningkatkan peran anggota sebagai pemilik atau pemodal, sekaligus sebagai pelanggan atau pengguna jasa usaha koperasinya," ujarnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru