Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Pemalsu Dokumen Kependudukan Incar Korban yang Kebingungan Saat Berada di Kantor Diukcapil

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Agustus 2020 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaku pemalsuan dokumen kependudukan mengincar para korban yang kebingungan saat ingin mengurus kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). 

"Pelaku mengincar korban yang bingung ingin mengurus dokumen kependudukan, sehingga pelaku langsung mendekati dan menjalankan aksinya," ujar Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, Senin, 24 Agustus 2020. 

Rata-rata korbannya adalah warga yang masih percaya dengan calo dokumen kependudukan. Selain itu juga masyarakat yang terlihat bingung dan kurang mengetahui informasi di Disdukcapil.

"Begitu juga dengan warga yang tidak mau repot, dan ingin KTP atau KK yang akan dibuatnya bisa segera selesai tanpa menunggu," katanya.

Pelaku akan merayu korbannya dengan perjanjian dokumen kependudukan yang dipesan bisa selesai. Namun mereka yang memakai jasa tersangka harus membayar sejumlah uang sesuai negosiasi antara keduanya. 

Sementara itu pelaku yang bertugas untuk mencari korban tersebut sendiri yakni tersangka RY. Sedangkan tersangka FK bertugas memproses atau membuat dokumen kependudukan yang dipesan korbannya. Adapun AF yang merupakan seorang PNS penyedia blangko palsu KTP-e. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru