Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim Lamandau Siap Amankan Pilkada Serentak 2020

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 Agustus 2020 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, maka jajaran Kodim 1017 Lamandau sebagai salah satu instansi penyelenggara pengamanan melaksanakan apel siaga, Senin 24 Agustus 2020.

Apel kesiapsiagaan Pilkada 2020 ini digelar guna memastikan seluruh prajurit TNI dan perlengkapan pendukung siap untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah berjalan lancar dan aman.

"Apel ini kita laksanakan untuk memastikan seluruh anggota TNI akan bersikap netral dan siap membantu pelaksanaan pengamanan penyelenggaraan pemilihan gubernur," ungkap Komandan Kodim 1017 Lamandau, Letnan Kolonel Infantri Hafees Is Jafrin.

Dandim menyebut apel yang digelar itu merupakan bagian dari kesiapan dalam menghadapi Pilkada Kalteng 2020. "Bagaimanapun juga setiap prajurit harus siap,” katanya. Gelar pasukan dimulai pukul 15.40 WIB.

Hadir juga Kasdim, para perwira staf, seluruh komandan koramil, dan personel TNI yang totalnya berjumlah 40 orang.

Dandim juga menyampaikan proses dan tahapan Pemilukada Kalteng di antaranya pada 9 Desember 2020 merupakan hari pencoblosan sedangkan pada 4-6 September 2020 merupakan rangkaian pendaftaran calon gubernur.

"Dalam melaksanakan tugas pokok TNI, kita sebagai perbantuan kepada pihak kepolisian kita harus memastikan juga pelaksnaan di lapangan sesuai standar perasional prosedur (SOP) perbantuan," ungkapnya.

Khusus untuk personil bintara pembina desa (Babinsa), Dandim berpesan agar setiap anggota harus mengenal wilayahnya, dekat dengan tokoh masyarakat serta peka terhadap situasi dan informasi yang berkembang.

"Dalam pelaksanaan pemilu ini, setiap personel harus mengedepankan etika, apabila ada permasalahan di lapangan tetap kordinasi dengan unsur atau instansi terkait," tegasnya.

Setiap pajurit juga diminta melakukan deteksi dini terhadap berbagai potensi kerawanan dan bencana alam.

Berita Terbaru