Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAS Seruyan Statusnya Cemar Sedang

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 25 Agustus 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Berdasarkan data indeks kualitas air yang dirilis tahun 2019 lalu, Daerah Aliran Sungai atau DAS Seruyan statusnya cemar sedang atau dengan kategori waspada.

 Hal ini disampaikan Bupati Seruyan Yulhaidir dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Seruyan Priyo Widagdo pada kegiatan pembukaan rangkaian kegiatan gerakan bersih Sungai Seruyan, Selasa, 25 Agustus 2020.

Menurut Bupati, cemar sedang pada DAS Seruyan disebabkan banyaknya kandungan senyawa organik dan anorganik yang terkandung dalam sungai Seruyan.

“Salah satu penyebab kondisi terjadinya cemar sedang di sungai ini, juga akibat dari kebiasaan masyarakat bantaran sungai, membuang sampah  sembarangan di sungai,” katanya.

Untuk itu, dia berharap kesadaran seluruh masyarakat akan semakin meningkat, sehingga tidak lagi membuang sampah di sungai dan kondisi Sungai Seruyan tidak terus mengalami pencemaran.

Terlebih air adalah sumber kehidupan. Ketersediaannya merupakan hal mutlak yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di muka bumi.

Salah satu sumber air yang sangat penting untuk kehidupan adalah sungai yang ada di sekitar, karena sungai memiliki peran penting untuk perkembangan peradapan manusia.

“Dengan adanya program bersih sungai Seruyan, diharapkan menjadi spirit pengelolaan alam dan lingkungan hidup antara pemerintah, masyarakat dan pihak swasta sebagai mitra pemerintah untuk menciptakan sungai bebas sampah,” tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru