Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Lapas Palangka Raya Razia Kamar Hunian WBP, Ini Hasilnya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Agustus 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya menggelar razia mendadak pada kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP. 

Razia itu melibatkan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal). Tidak hanya memeriksa kamar pada semua blok, petugas juga melakukan penggeledahan badan para warga binaan.

Kepala Lapas Palangka Raya, Chandran Lestyono mengatakan, razia itu merupakan kegiatan rutin untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib).

"Juga sebagai upaya mencegah masuknya barang-barang terlarang serta pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Lapas Palangka Raya," kata Chandran dalam siaran persnya kepada borneonews, Selasa, 25 Agustus 2020.

Sebelum dimulai, semua anggota diberi arahan oleh Kalapas terkait kesopanan dalam penggeledahan serta tata cara penggeledahan badan narapidana. Dia juga meminta seluruh pegawai Lapas waspada serta mencegah masuknya handphone, pungli dan narkoba atau Halinar. 

"Saya minta untuk seluruh pegawai Lapas Palangka Raya tetap waspada dengan melakukan deteksi dini secara rutin. Hal ini demi menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah Halinar di Lapas Palangka Raya," tutur Chandran.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak Didik, Tigor Immanuel Hutabalian mengatakan, razia itu berlangsung selama dua jam berakhir pukul 22.00 pada Senin malam. 

Hasilnya, lanjut Tigor, petugas menemukan sejumlah kabel, kipas, senjata tajam buatan dan beberapa ponsel. "Barang-barang yang dilarang itu ditemukan di luar kamar dan lagi dalam proses pengembangan," katanya. 

"Apabila diketahui siapa pemilik barang, akan diberikan sanksi sesuai tata tertib Lapas," tegas Tigor. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru