Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Gunung Bromo Buka Lagi Jumat 28 Agustus 2020

  • Oleh Teras.id
  • 26 Agustus 2020 - 04:01 WIB

TEMPO.CO, Malang - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS akan kembali membuka aktivitas wisata ke Gunung Bromo setelah enam bulan vakum.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan, akses wisata ke Bromo resmi buka mulai Jumat, 28 Agustu 2020 pukul 13.00 WIB.

"Tentu dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan dibuka secara bertahap," kata John, Selasa, 25 Agustus 2020. Menurut John, keputusan tersebut telah mendapat restu dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Keputusan ini pun dibuat berdasarkan hasil rapat koordinasi pada 1 Juli 2020 dan 16 Juli 2020 antara Balai Besar TNBTS bersama pemerintah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Semua pihak bersepakat melakukan reaktivasi wisata alam di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui empat pintu masuk di empat kabupaten itu.

Empat bupati kemudian menerbitkan surat rekomendasi persetujuan dibukanya kembali kegiatan wisata alam Gunung Bromo secara bertahap. John menjelaskan, kuota wisatawan yang boleh masukkawasan Gunung Bromo dikurangi 80 persen.

Pada tahap pertama, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mematok jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 20 persen dari kuota normal.

Setiap hari, rata-rata spot Penanjakan di Kabupaten Pasuruan menampung 829 wisatawan yang ingin menikmati sensasi matahari terbit atau sunrise.

Dengan kuota 20 persen, maka wisatawan yang boleh naik dari Penanjakan menjadi 178 orang per hari. Lalu lokasi Bukit Cinta di Kabupaten Pasuruan.

Tempat ini biasa menampung 434 wisatawan per hari. Tapi nanti dibatasi hanya 86 orang wisatawan per hari. Padang rumput atau sabana Teletubbies di Probolinggo hanya boleh dikunjungi 347 wisatawan dari kuota normal 735 wisatawan per hari.

Berita Terbaru