Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyusunan Program Jangan Berlandaskan Ego Sektoral

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 27 Agustus 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengingatkan agar dalam penyusunan program jangan berlandaskan ego sektoral. Artinya memaksakan suatu program yang belum mungkin bisa dikerjakan. 

Edy menegaskan, penyusunan program harus melihat banyak hal. Karena program yang akan dilaksanakan itu akan bergantung pada anggaran. 

"Jadi ketika menyusun program harus benar-benar diperhatikan berbagai hal. Jangan sampai menyusun program tetapi malah tidak mungkin dilaksanakan. Akhirnya sayang anggarannya," kata Edy, Kamis, 27 Agustus 2020. 

Lanjut bupati, misal kita berambisi untuk melaksanakan suatu program. Kemudian program ini membutuhkan anggaran yang besar. 

"Sementara sarana dan prasarana mendukungnya tidak siap. Namun karena ego, kita memaksakan untuk melaksanakan program itu. Akhirnya program seperti ini bisa gagal dan anggarannya jadi sia-sia," ujar dia. 

Edy membeberkan, dalam pelaksanaan program ini yang penting juga adalah perencanaan yang matang. Program tanpa perencanaan itu bisa dipastikan tak akan bisa berhasil. 

"Jadi beberapa hal ini harus diperhatikan. Jangan menyusun program karena ego sektoral. Jangan melaksanakan program tanpa ada perencanaan yang matang," tutup Edy Pratowo. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru