Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sepanjang 2019 Ratusan Ribu Hektare Lahan di Kobar Terbakar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Agustus 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sepanjang tahun 2019 mencapai 182 peristiwa dengan luas lahan yang terbakar kurang lebih 478.365 hektare.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menyampaikan sambutannya dalam apel Siaga Karhutla Kobar 2020, di Area Sport Center Sampuraga Baru, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kamis, 27 Agustus 2020.

"Untuk itu di tahun 2020, saya berharap bisa dilakukan antisipasi sedini mungkin. Agar kejadian tahun lalu tidak terjadi di tahun ini," ujar Hj Nurhidayah.

Sementara itu, disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat Tengku Alisyahbana, untuk di tahun 2020 mulai bulan Januari hingga bulan 26 Agustus terdapat sebanyak 69 titik hotspot dengan luasan lahan terbakar sebanyak 25,55 hektare.

Hampir di semua Kecamatan Se Kobar telah terjadi kebakaran, tetapi titik Hot spot terbanyak terjadi di Kecamatan Kumai yakni sebanyak 29 titik Hot spot.


Disampaikan bahwa petugas yang terdiri dari BPBD Kobar, TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta Damkar, telah berhasil memadamkan setiap adanya kejadian.

"Mari kita dukung Komitmen bapak Gubernur Kalteng, bahwa di wilayah Kalteng pada umumnya dan khususnya di wilayah Kobar tahun 2020, Bebas Asap/ Stop Asap, dengan slogan Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita," tuturnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru