Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkada 2020, PDIP Lebih Mesra dengan PAN Ketimbang Gerindra

  • Oleh Teras.id
  • 28 Agustus 2020 - 22:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pagi tadi untuk keempat kalinya mengumumkan siapa saja calon kepala daerah yang mereka usung di Pilkada 2020.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan sampai saat ini partainya paling banyak berkoalisi dengan Partai Golkar dan paling sedikit bersama Partai Keadilan Sejahtera.

Bila dirincikan, PDIP juga terlihat lebih mesra dengan Partai Amanat Nasional (PAN) ketimbang Partai Gerindra. Hasto menuturkan koalisi dengan Golkar terjadi di 46 daerah.

Disusul kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (37 daerah), dan Partai Amanat Nasional (34 daerah).

"PAN pimpinan Pak Zulhas (Zulkifli Hasan) dan sahabat saya Pak Eddy (Eddy Soeparno, Sekjen PAN)," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Agustus 2020.

Selain itu koalisi PDIP dengan Partai Gerindra terjadi di 33 daerah, Partai Demokrat (32 daerah), Partai Persatuan Pembangunan (19 daerah), dan PKS (13 daerah).

Hasto menjelaskan, gambaran kerja sama dengan sejumlah partai politik itu sesuai dengan sejarah bangsa Indonesia dibentuk.

"Sehingga pemahaman sejarah bagi PDI Perjuangan juga tidak pernah berubah. Meskipun demikian, sesuai dengan fungsi utama partai, maka partai selalu mengedepankan proses kaderisasi yang berlangsung secara sistemik," ucapnya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru