Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PKS Putuskan Abstain di Pilkada Solo karena Tak Ada Calon Alternatif

  • Oleh Teras.id
  • 29 Agustus 2020 - 14:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohammad Sohibul Iman, mengatakan dalam Pilkada Solo 2020 partainya memilih abstain. Alasannya PKS tak kunjung menemukan calon alternatif di luar putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Memang sampai hari ini dari DPD Solo mereka katakan berikhtiar untuk menghadirkan calon lain, tapi dari semua ikhtiar yang dilakukan mereka menyimpulkan mereka ingin abstain," kata Sohibul dalam konferensi pers di Gedung DPP PKS, Jakarta, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Meski di Pilkada Solo diikuti oleh pasangan calon independen, Sohibul mengatakan partainya tidak ingin memberikan dukungan. "Ya kan kalau independen memang tidak perlu dukungan atau usungan partai kan," ucap dia.

Menurut Sohibul, keputusan abstain di Pilkada Solo lantaran semua partai politik yang memiliki kursi DPRD Solo telah mengusung Gibran Rakabuming. Sedangkan kursi PKS di DPRD tidak cukup untuk bisa mengajukan calon sendiri meski berada di urutan kedua peraih suara terbanyak dalam Pileg 2019.

Dari 45 kursi DPRD Kota Solo, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menguasai 30 kursi. Di posisi kedua ada PKS dengan 5 kursi, posisi ketiga ditempati Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional dengan masing-masing 3 kursi, serta 1 kursi terakhir dipegang oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adapun syarat administrasi untuk bisa mengajukan pasangan calon adalah partai atau gabungan partai harus memiliki minimal 20 persen kursi DPRD atau minimal 9 kursi untuk Pilkada Solo.

TERAS.ID

Berita Terbaru