Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lepas Timnas U-19 Menuju Kroasia, Iwan Bule: Jangan Hiraukan Berita Naturalisasi

  • Oleh Teras.id
  • 30 Agustus 2020 - 22:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Pemain Tim Nasional Indonesia U-19 atau Timnas U-19 diminta menunjukkan niat serius untuk menekuni karier sepak bola profesional, baik di timnas dan di klub, termasuk dalam mengatur pola makan serta menjaga diri dalam bermedia sosial.

Pesan itu disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, yang akrab dipanggil Iwan Bule, saat melepas para pemain Timnas U-19 yang pada Sabtu malam, 29 Agustus 2020, terbang menuju Zagreb, untuk menjalani pemusatan latihan nasional di Kroasia.

“Sesuai janji saya, federasi mengirim kalian berlatih ke luar negeri. Kroasia ini bukan negara kaleng-kaleng, peringkat keenam FIFA, runner-up Piala Dunia 2018,” kata Iriawan di laman resmi PSSI.

Selanjutnya, Iriawan meminta para pemain timnas menyerap banyak ilmu yang akan didapat selama berlatih dan beruji coba di Kroasia.

“Kalian ada di sini sebagai kebanggaan bangsa. Jangan sia-siakan kepercayaan Presiden Jokowi dan Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan langkah konkret mendukung kita, memberikan bantuan biaya pelatnas di luar negeri. Manfaatkan itu, ambil banyak ilmu dari sana,” tegasnya.

Iriawan juga menyatakan PSSI masih menantikan apakah Piala Asia U-19 di Uzbekistan masih sesuai jadwal pada Oktober nanti atau mengalami penundaan.

“Yang pasti, federasi tetap memberangkatkan kalian ke Kroasia untuk TC sebulan di sana. Nanti kita lihat perkembangan Piala AFC U-19, apakah tim ini lanjut ke Uzbekistan atau menuju tempat lain untuk berlatih tanding di negara negara lain yang dibilang sebagai negara maju dalam persepakbolaan. Kita lihat apakah akan ke Turki, Portugal atau negara lain,” katanya.

Ia juga menyinggung berita terkait rencana naturalisasi pemain muda. “Jangan hiraukan berita itu. Mereka milik klub dan tidak ada juga yang berangkat TC ke Kroasia. Yang berangkat adalah kalian yang ada di sini,” tegasnya.

Sebaliknya, Iriawan meminta para pemain harus fokus untuk meraih prestasi terbaik di posisi masing-masing. “Tunjukkan, bahwa kalian siap bersaing dengan siapa saja. Menjadi yang terbaik di posisi apa saja. Penjaga gawang, pemain belakang, gelandang, penyerang. Kalian harus bisa lebih baik dari siapa saja. Tanamkan tekad selalu harus jadi nomor satu, bersainglah secara sehat, demi Indonesia. Demi 260 juta rakyat yang haus akan prestasi sepak bola Indonesia,” kata Iriawan.

Pelepasan para pemain Timnas U-19 menuju Kroasia diwarnai dengan acara mencium bendera Merah Putih diiringi lagu Bagimu Negeri.

Pada kesempatan ini, pelatih kepala Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kesempatan yang diberikan sehingga tim dapat berlatih ke Eropa. “Semoga langkah ini bisa menjadi pondasi kemenangan kesuksesan Indonesia di Piala Dunia U-20 2021. Kamsahamnida,” kata pelatih yang membawa Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 itu.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru