Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Minta BPD dan Kades Bersinergi Optimalkan Roda Pemerintahan Desa

  • Oleh Trisno
  • 31 Agustus 2020 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -  Roda pemerintahan di tingkat desa harus benar benar dijalankan secara optimal, karena dalam sebuah pemerintahan desa dilengkapi dengan perangkat desa terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan anggota BPD, semunya punya tugas untuk saling berkoordinasi dan menjalankan fungsi masing masing dan menjalin sinergisitias yang baik.

Demikian harapan Bupati Murung Raya Perdie saat melantik anggota BPD 10 desa di Kecamatan Laung Tuhup di GPU Tira Tangka Balang beberapa waktu lalu.

Menurut dia, dengan berjalannya roda pemerintahan desa tentu program program desa sendiri bisa berjalan sesuai rencana, ini merupakan tugas Kepala Desa untuk mengatur jalannya roda pemerintahan dan didukung perangkat desa lainnya.

Dikatakan Bupati Pemerintahan di tingkat desa adalah ujung tombak Pemerintahan ditingkat Kabupaten, oleh sebab itu, perangkat desa harus mengerti tugas dan fungsi masing masing dan saling menjalankannya agar semua program desa terlaksana dengan suskes melalui musyawarah dan mufakat.

“Ini tugas Kepala Desa untuk bisa membina perangkat desa lainnya untuk selalu saling bekerja sama menajalankan roda pemerintahan desa dalam rangka melayani masyarakat dan menjalankan program desa yang sudah direncanakan dan BPD desa untuk mengoptimalka  peran dan fungsinya sebagai pengawas dan juga memberikan masukan saran terkait kebijakan pembangunan desa,” jelas Bupati.

Ia juga menyinggung banyaknya kepala desa yang berkantor di rumah, dan kantor desa selalu dibiarkan kosong.

Ini tentunya jelas Bupati merupakan hal yang tidak baik untuk dicontoh, oleh sebab itu dirinya meminta kepada seluruh Kepala Desa yang sudah memiliki kantor desa untuk mengaktifkan kantor tersebut sebagai tempat pelayanan dan pelaksanaan tugas pemerintahan desa.

Kepada BPD yang baru dilantik, Bupati mengharapkan segera fahami fungsi dan tugas nya melalui berbagai media untuk pembelajaran, dan jalankan tupoksi dengan bertanggung jawab dan profesional.

Apalagi BPD dipilih langsung oleh masyarakat sehingga ada tanggung jawab besar untuk sebagai wadah aspirasi dan usulan masyarakat agar diperjuangkan di level musyawarah desa. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru