Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Akan Bantu Alsintan Petani di Muara Plantau

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Agustus 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi akan mengusahakan bantuan alat mesin pertanian atau alsintan bagi kelompok tani di Desa Muara Plantau Kecamatan Pematang Karau.

Hal ini disampaikan Riza saat mengunjungi Kelompok Tani Suka Damai di desa tersebut, Senin 31 Agustus 2020.

"Kami mencoba kesini untuk mendengar keluhan dan hambatan petani di Muara plantau dalam pengembangan budidaya tanaman padi sawah," kata Riza yang didampingi oleh Koordinator BPP Pematang karau, Kasi Perbenihan Dinas Pertanian serta penyuluh pertanian.

Menurutnya, selama ini kondisi jalan menuju Desa Muara Plantau kurang memungkinkan untuk mengangkut alsintan, namun melihat kebutuhan petani di sana Dinas Pertanian akan berupaya untuk memberikan bantuan.

"Sekarang lahan-lahan di sana sudah cukup bersih sehingga bisa kita aplikasikan teknologi pengolahan tanah dengan bantuan hand traktor," jelas Riza.

Karena itu, Riza juga berharap dukungan dari pemerintah desa setempat untuk membangun balai pertemuan bagi kelompok tani yang sekaligus akan berfungsi sebagai tempat menyimpan alsintan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Suka Damai, Asnan Mahyudi berharap selain hand traktor Dinas Pertanian juga bisa membantu mesin pompa air dan perontok padi.

"Kalau kemarau panjang kami butuh pompa air untuk membasahi lahan sawah yang kering. Kami juga minta dibantu alat perontok padi," pinta Asnan.

Diketahui, potensi lahan sawah di Desa Muara Plantau seluas 425 hektare yang dikelola oleh 17 kelompok tani. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru