Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Ikuti Kick Off Sensus Penduduk BPS Secara Virtual

  • Oleh Ramadani
  • 31 Agustus 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemkab Barito Utara bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Muara Teweh mengikuti kick off sensus penduduk 2020 secara virtual, Senin, 31 Agustus 2020.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengharapkan masyarakat dapat mendukung dan menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Menurut Sugianto, hal ini penting untuk mendata jumlah penduduk, komposisi, distribusi dan karateristik penduduk menuju satu data kependudukan, serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk maupun karakteristik lainnya, untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

Dia juga menekankan pada saat pelaksanaan sensus dilapangan masyarakat dapat menerima petugas sensus dengan tangan terbuka dan jangan menghindar. Karena petugas sensus sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat sesuai standar.

Sementara itu Kepala BPS Muara Teweh, Suhariyanto mengatakan data kependudukan menjadi kunci penting untuk membuat kebijakan di berbagai bidang. Mulai dari pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, hingga transportasi.

"BPS menyadari akan banyak risiko yang terjadi dengan perubahan bisnis, tapi kami menjamin telah melakukan mitigasi untuk meminimalisasi risikonya," kata dia.

Lantaran dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 serta efisiensi anggaran, BPS telah melakukan adaptasi dan penyesuaian proses bisnis Sensus Penduduk 2020. 

BPS juga memastikan bakal memperhatikan keselamatan maupun kesehatan petugas sensus maupun responden dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata dia.

Adapun penyelenggaraan Sensus Penduduk 2020 dilakukan dalam dua tahapan. Pertama, sensus penduduk online pada 15 Februari – 29 Mei 2020. Kedua, sensus penduduk lapangan pada September 2020. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru