Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Jembatan Rusak di Bahaur Paling Kecil Menelan Dana Rp 500 Juta

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 01 September 2020 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pulang Pisau, Usis I Sangkai menjelaskan bahwa perbaikan jembatan di wilayah Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala yang rusak memerlukan dana bervariasi. Tergantung dari panjang jembatan dan kondisi geografis wilayah. 

Usis mengatakan dari hasil survei satu jembatan di Bahaur itu memerlukan dana paling kecil senilai Rp 500 juta. Maksudnya diperbaiki ini adalah diganti dengan box culvert atau jembatan beton. 

"Itu paling kecil menelan dana sebesar Rp 500 juta. Bahkan ada yang lebih dari itu. Karena panjang jembatan dan geografis wilayah di masing-masing jembatan itu berbeda," kata Usis, Selasa, 1 September 2020. 

Bayangkan jika ada 30 jembatan butuh berapa biaya untuk menyelesaikan semua jembatan itu, sehingga perbaikannya tak bisa dilakukan sekaligus. 

"Kalau ada anggarannya gampang saja. Tetap APBD kita itu dibagi untuk banyak kegiatan. Bukan hanya di DPUPR saja. Tapi untuk instansi lain seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan dan sebagainya," jelasnya. 

Usis memaparkan belum lagi daerah di Kecamatan Kahayan Kuala yang belum memiliki jembatan. Khususnya jalan yang menuju ke Desa Cemantan. 

"Intinya pemerintah itu memperhatikan saja. Namun secara bertahap pasti akan diselesaikan," jelasnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru