Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kahayan Kuala Wilayah di Pulang Pisau Terkenal dengan Tempat Mancing dan Berburu Burung

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 01 September 2020 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Wilayah Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau terkenal dengan kekayaan alam berupa hasil ikan dan berbagai jenis burung. Karena sebagian besar wilayah Kecamatan Kahayan Kuala berada di pesisir laut. 

Tidak sedikit masyarakat setempat menggeluti usaha tambak ikan khusus jenis ikan bandeng. Bahkan, tak sedikit juga yang bekerja sebagai nelayan mencari berbagai jenis ikan di laut. 

Tidak jarang sebagian wilayah Kecamatan Kahayan Kuala menjadi sasaran rekreasi dan hiburan bagi orang dari luar daerah. Khususnya yang hobi memancing dan berburu burung. 

Karena selain ikan, berbagai jenis burung juga melimpah ruah di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala, namun yang paling dikejar pemburu adalah jenis burung belibis. 

Khaidir, petani tambak di Desa Sei Pudak Kecamatan Kahayan Kuala mengatakan tidak sedikit orang datang ke tempatnya hanya untuk sekedar memancing dan berburu burung. Ada yang dari wilayah Banjarmasin dan kota lainnya. 

"Biasanya mereka memancing ikan betok atau ikan papuyu. Kalau berburu burung itu biasanya burung belibis yang mereka incar, karena dekat pesisir laut jadi banyak burung," kata Khaidir, Selasa, 1 September 2020. 

Kebanyakan mereka yang datang itu menyalurkan hobi dan sekedar hiburan. Namun biasanya kami selaku pemilik tambak juga tak sembarangan memberikan izin masuk untuk orang-orang yang ingin berburu dan memancing. 

"Karena kami juga takut usaha tambak kami menjadi terganggu," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru