Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur: Perusahaan Harus Bantu Petani Sekitar HGU

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 September 2020 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi mengimbau perusahaan perkebunan sawit agar membantu petani yang membuka lahan di sekitar perusahaan.

"Perusahaan harus bisa membantu petani di sekitar HGU," kata Riza saat meninjau pembukaan lahan yang dilakukan oleh kelompok tani di Desa Kupang Baru Kecamatan Paku, Selasa 1 September 2020.

Menurut Riza, Selain sebagai bentuk tanggung jawab sosial, dengan perusahaan membantu pembukaan lahan menggunakan alat berat akan menghindarkan petani dari upaya membakar lahan.

"Ini juga untuk keamanan lahan sawit milik perusahaan, karena kalau petani yang berbatasan dengan HGU melakukan pembakaran lahan, akan berdampak kepada perusahaan bahkan kebakaran bisa merambat ke lahan perusahaan," imbuhnya.

Riza yang didampingi Koordinator BPP Paku dan Fungsional Penyuluh Dinas Pertanian saat meninjau pembukaan lahan yang berbatasan dengan HGU PT Ketapang Subur Lestari atau PT KSL tersebut menambahkan, nanti dinas pertanian juga akan membantu dengan meminjamkan alat mesin pertanian untuk olah tanah.

Dominikus Fernandes, salah satu petani yang memotori pembukaan lahan di kawasan tersebut menjelaskan, dia bersama beberapa petani yang lain membuka lahan budidaya jagung dan singkong sebagai bentuk dukungan terhadap program ekonomi kerakyatan yang dicanangkan pemerintah kabupaten.

"Kami melakukan secara swadaya, namun, dengan luas lahan 16 hektare sulit bagi kami jika membuka lahan tersebut tanpa membakar," ungkap Fernandes.

Karena itu, dia berharap pemerintah membantu mencarikan solusi untuk membuka lahan itu tanpa membakar.

"Kami mohon dukungan dari pemerintah melalui Dinas Pertanian untuk membantu kami sehingga pembalakan lahan ini tidak menimbulkan masalah," pintanya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru