Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekonomian Kotim Sudah Mulai Stabil Walaupun Tetap Terdampak

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 September 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perekonomian masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hingga saat ini terbilang masih stabil meskipun pandemi Covid-19 sempat mengganggu pendapatan mereka. 

"Alhamdulilah masih stabil, walaupun beberapa jenis penjualan barang yang bukan kebutuhan juga terdampak," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Selasa, 1 September 2020. 

Supian sendiri bertemu dengan sejumlah pedagang di pasar induk di Sampit yakni Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM). Seperti penjual jam tangan, mereka mengalami dampak pendapatan semasa pandemi. Namun penurunan hanya sekitar 20% saja. 

"Kalau sembako memang jadi kebutuhan, jadi tidak terlalu berdampak. Namun kalau penjual jam tangan, pasti berdampak. Dan alhamdulilah, penurunan omset mereka tidak terlalu signifikan," kata Supian. 

Selain itu, dirinya juga bertemu dengan pedagang emas. Dan ternyata juga mengalami penurunan omset. Namun tidak sampai mengalami kerugian. 

"Di masa pandemi ini, penjualan menurun karena harga emas juga naik. Namun tidak mengalami kerugian," terang Supian.

Meskipun begitu, sejumlah penjualan lainnya masih stabil. Namun tidak seperti hari biasa saat pandemi Covid-19 tidak ada.

Terkait perbaikan perekonomian, mereka tengah berupaya membuka kembali sejumlah tempat wisata dan tempat strategis lainnya. Hal itu sebagai langkah untuk mengembalikan perekonomian daerah. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru