Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ulet Garap Lahan Pertanian, Wayan Supadno Dapat Penghargaan dari Pemerintah RI

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 September 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Karena prinsipnya yang tidak mau menyerah dengan kondisi lahan hingga sukses mengembangkan pertanian di beberapa tempat dan salah satunya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Wayan Supadno diganjar penghargaan dari pemerintah atas keuletannya.

Kepada www.borneonews.co.id, di kebun jeruk chokun miliknya yang berlokasi di RT 12 Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Selasa, 1 September 2020 Wayan Supadno mengatakan dalam peringatan HUT ke 75  RI tahun 2020 ia menjadi salah seorang yang dianugerahi gelar Icon Prestasi Pancasila.

"Sebelumnya tahun 2016 saya juga mendapat penghargaan sebagai Petani Inovatif Nasional dari pemerintah RI," jelas Wayan Supadno.

Menurut Wayan Supadno, dalam mengembangkan pertanian seharusnya semua pihak tidak boleh menyerah dengan kendala alam.

"Sebagai contoh negara Ethiopia dan Israel tanahnya sangat tandus. Tetapi mereka tidak menyerah dengan kondisi tersebut. Tanah yang tandus disuburkan kembali dengan berbagai cara," jelas Wayan Supadno.

Menurutnya, di kebun jeruk miliknya, ia menyuburkan tanahnya yang semula kering dan tidak subur dengan menebar pupuk kandang dengan skala besar. 

"Sehingga mikroorganisme penyubur tanah muncul kembali hingga tanahnya siap ditanami," jelas Wayan Supadno. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru