Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 150 Jemaah Calon Haji Tahun 2020 di Kapuas Lunasi Pembayaran

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 September 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, H Asyhadi menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini sudah 150 Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 2020 yang sudah melunasi pembayaran, dan akan diberangkatkan tahun depan.

"Sedangkan yang belum melunasi ada 52 orang, karena sebagian masih ada ragu-ragu antara berangkat atau tidaknya karena masih dalam kondisi pandemic Covid-19, dan mengumpulkan biaya," kata Asyhadi, Rabu, 2 September 2020.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bagi yang berangkat tahun depan yang masih belum melunasi pembayaran akan diberikan kesempatan untuk melunasi dengan total cadangan yang sudah melunasi ada 13 orang.

"Yang sudah melunasi ditahun ini akan melakukan registrasi pelunasan di tahun depan karena ditahun depan belum tentu sama dengan tahun ini biaya pelunasannya," tuturnya.

Kemudian, lanjut dia yang sudah melunasi namun tidak diambil maka ada nilai manfaatnya yaitu akan kembali kerekening calon jamaah itu sendiri, itu ditegaskan dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 494 tanggal 2 Juni 2020 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelengaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M.


“Bila biaya pelunasan ditahun 2021 bertambah dari tahun ini maka ia akan menambah biaya tersebut, tetapi bila di tahun 2021 nanti pelunasannya lebih murah dari tahun ini maka kelebihan itu akan dikembalikan ke jamaah yang bersangkutan, makanya itu harus ada registrasi kembali,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru