Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tagana Barito Utara Terima Tali Asih dari Kemensos

  • Oleh Ramadani
  • 02 September 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Barito Utara mendapat tali asih dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI pada Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam. Bantuan tali asih tersebut diberikan melalui rekening masing-masing secara terpusat di Bank Mandiri Cabang Muara Teweh.

Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DinsosPMD) Kabupaten Barito Utara Eveready Noor mengatakan, jumlah anggota Tagana Barito Utara yang terdaftar di Kementerian sebanyak 33 orang. 

"Tali asih ini diberikan merupakan ikatan emosional Kementerian Sosial RI dengan perpanjangan tangan melalui Dinas Sosial Provinsi maupun kabupaten kota,” kata Eveready Noor, Rabu 2 September 2020.

Menurutnya, peran relawan Tagana Indonesia termasuk di Kabupaten Barito Utara sangat luar biasa dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan penanggulangan bencana.

Tali asih yang diberikan kepada anggota Tagana sebesar Rp 250 ribu perbulan selama 12 bulan. Saat ini, akan dibayarkan untuk tiap Tagana selama 6 bulan, masing-masing sebesar Rp 1,5 juta,

Lebih lanjut Eveready Noor mengatakan, Tagana di Barito Utara ini sudah terlatih dan cukup gesit dalam melaksankaan tugas penanggulangan bencana baik pada pra bencana, saat tanggap darurat, maupun pasca bencana.

Selain itu, lanjut dia, juga dalam tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan bencana. Anggota dalam setiap kali ada bencana selalu hadir baik banjir, kebakaran, dapur umum, peduli Covid-19, bedah rumah bahkan kegiatan sosial lainnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru