Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan dan Polres Barito Timur Gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 September 2020 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian bekerja sama dengan Polres Barito Timur menggelar sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan dan kebun di Kabupaten Barito Timur, Kamis, 3 September 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Ruang Rapat Dinas Pertanian tersebut dibuka secara resmi oleh Kadis Pertanian, Riza Rahmadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ops Polres Barito Timur, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Barito Timur, Pabung Kodim 1012 Buntok dan peserta lainnya.

Dalam sambutannya, Riza Rahmadi mengatakan, bahwa sebagian besar petani di Kabupaten Barito Timur mengusahakan lahan kering dengan pola berladang.

"Yang menjadi hambatan dalam berladang adalah tradisi pembukaan lahan yang dilakukan dengan cara membakar," kata Riza.


Menurutnya, hal itu menjadi persoalan dikarenakan berbagai aturan perundang-undangan yang melarang pembukaan lahan dengan cara membakar, di satu sisi belum ada solusi konkrit sebagai alternatif penyelesaiannya.

"Karena itu, kami berharap sosialisasi ini dapat memberikan pola pemahaman yang seragam pada tingkat petani terhadap berbagai ketentuan hukum maupun kebijakan terkait persoalan yang ada," imbuh Riza.

Lanjutnya, sosialisasi tersebut dilakukan agar nantinya petani tidak mengalami persoalan atau berhadapan dengan masalah hukum.

Riza juga berharap dalam kegiatan tersebut dapat menerima ide atau pendapat terkait penyelesaian atau jalan keluar terhadap kendala pembukaan lahan yang dihadapi oleh petani.

"Disisi lain, kita harapkan sektor pertanian dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat selama pandemi covid-19 maupun pasca pandemi, minimal dapat menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur," pungkasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru