Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKP Murung Raya terus Dorong Produktivitas Lahan Pekarangan Masyarakat

  • Oleh Trisno
  • 03 September 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dalam memaksimalkan ketersediaan pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Murung  Raya (Mura) meningkatkan produktifitas  lahan pekarangan milik  masyarakat.

Penegasan tersebut dikatakan Kepala DKP Murung Raya M Syahrial Pasaribu saat melakukan monitoring persiapan ke kelompok wanita tani yang (KWT) di 5 desa beberapa waktu lalu.

“Ini salah satu program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dinas Ketahanan Pangan yang sudah berjalan dan akan terus kita tingkatkan dengan sumber dana dari APBD dan APBN,” kata Syahrial saat diwawancarai awak media di Demplot KWT Inan Samah Desa Karali Kecamatan Tanah Siang.

Dijelaskannya lagi bahwa KWT binaan Dinas Ketahanan Pangan ini berada di beberapa desa seperti Desa Karali, Muara Sumpoi, Dirung Lingkin, Muara Laung I dan Datah Kotou.

“Dalam satu KWT anggotanya sebanyak 30 orang  per kelompok, yang harapannya bisa menjadi penghasilan tambahan keluarga dalam menghadapi pandemi covid-19, dan  kita terus upayakan potensi kerawanan pangan tidak akan terjadi di wilayah Kabupaten Murung Raya,” jelas mantan Kadisnakertrans ini lagi.

Dirinya juga menjabarkan kegiatan P2L ini mendistribusikan kepada seluruh KWT berupa pembuatan demplot, rumah bibit, dan pupuk. “Sampai saat ini 5 KWT ini terus kita bina dan sudah menghasilkan panen sayur sayuran selama delapan kali. Dan kedepan jika sudah akan di evaluasi  serta  kita lakukan panen raya yang rencananya akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Mura,” ujarnya.

Syahrial berharap desa desa lainnya juga bisa mempersiapkan KWT ini, seperti halnya 5 desa yang telah berjalan ini agar kedepannya bisa dilakukan pembinaan dan pendampingan.

“Keberadaan  5 KWT didesanya masing masing sangat didukung oleh pemerintah desa, sehingga kami berharap hal ini juga dapat dipersiapkan oleh desa desa yang belum terbentuk KWT di wilayahnya,” tutup Syahrial Pasaribu. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru