Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kuala Kapuas Lakukan Panen Padi Perdana Pasca Manfaatkan Lahan Tidur

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 September 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Permasyarakatan melaksanakan program Open Camp Bunga Mawar melakukan panen padi perdana yang memanfaatkan lahan tidur, Kamis, 3 September 2020.

Panen padi perdana tersebut berlokasi di Desa Bunga Mawar, Handel Gaben, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas.

Apalagi Resolusi Permasyarakatan tahun 2020 bertujuan meningkatkan kualitas warga binaan agar menjadi SDM unggul melalui berbagai pelatihan keterampilan, salah satunya mewujudkan ketahanan pangan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto menjelaskan, dalam program ini pihaknya memulai proses awal dari Maret 2020 dengan mengelola lahan tidur di Desa Bunga Mawar. Lahan itu disediakan masyarakat sekitar.

“Pada lahan ini, kami menanamkan bibit padi siam hasil sumbangan masyarakat dan sekarang sudah dapat kita panen bersama. Dari luas lahan 4 hektare, yang baru tergarap 1,5 hektare. Kami akan berusaha untuk melanjutkan sisanya,” kata Toni Aji.

Diharapkan, dengan panen perdana ini dapat mengundang para stakeholder maupun instansi terkait agar ikut serta bersama-sama dalam mewujudkan Resolusi Permasyarakatan.

“Ke depannya kami bercita-cita selain pengembangan sektor pertanian, juga dapat mengembangkan sektor lainnya seperti hortikultura, perikanan, unggas dan lain-lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat, serta warga binaan sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bunga Mawar, Abdul Goni mengharapkan lahan yang telah digarap ini dapat dimanfaatkan secara terus menerus guna mengembangkan berbagai sektor selain dari pertanian.

“Keterlibatan kami dalam program ini hanya selaku penyedia lahan. Untuk teknis pembukaan lahan, penanaman, dan lain sebagainya, semuanya dilakukan warga binaan Rutan," jelas Abdul. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru