Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Singkirkan Titik Api di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 September 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah sejak beberapa hari di Kabupaten Katingan mampu menyingkirkan titik api maupun panas. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga, Kamis, 3 September 2020 membenarkan jika hujan yang terjadi dalam beberapa hari belakangan di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan, membantu mengurangi titik panas yang sebelumnya muncul di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur ini.

Menurut Eka Suryadilaga, sebelum ada turun hujan yakni tanggal 31 Agustus 2020 hingga 1 September 2020, ada 4 titik api di wilayah Kabupaten Katingan yang terdeteksi. "Iya, adanya hujan dalam beberapa hari ini membantu mengurangi titik api di wilayah Kabupaten Katingan," kata Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga.

Bahkan, lanjut Eka, sejak kemarin di wilayah Katingan tidak ada muncul atau terdeteksi titik panas. Meski demikian, pihaknya tetap selalu siap siaga dalam mengantisipasi kemungkinan munculnya titik api.

Sejauh ini, tambah Eka Suryadilaga, di wilayah Katingan ada 6 wilayah kecamatan yang dinilai rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Keenam kecamatan itu yakni Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang, Tasik Payawan, Katingan Hilir dan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.

Eka menyebut, enam wilayah kecamatan ini sebagian bergambut tebal yang saat musim kemarau hampir selalu menjadi langganan karhutla. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru