Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kapuas Cek Ruang Tahanan Pastikan Aman dan Steril

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 September 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Personel SPKT Polres Kapuas bersama piket jaga intensifkan pengecekan ruang tahanan di Mako Polres Kapuas, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Petugas melakukan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, keamanan tahanan, kesehatan tahanan serta memastikan sterilnya ruang tahanan dari barang-barang berbahaya yang tidak boleh berada di dalam tahanan.

"Jadi, pelaksanaan kontroling atau cek situasi di dalam ruang tahanan ini merupakan tugas wajib yang harus dilakukan, agar tetap steril dan aman,” kata Kanit SPKT III Polres Kapuas, Ipda Aprilianto, Jumat, 4 September 2020.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan pembinaan terhadap para tahanan sebagai bentuk dukungan moril, sehingga situasi kondusif di ruang tahanan tetap terjaga dengan baik.

"Pembinaan mental ini bertujuan untuk merangkul para tahanan guna mencegah tindakan yang dapat merugikan para tahanan maupun petugas jaga serta besar harapan para tahanan bisa lebih baik lagi setelah selesai menjalani masa hukuman," harapnya.


Dari hasil pengecekan, ia menyebutkan tahanan yang berada di ruang tahanan Polres Kapuas berjumlah 48 orang yang terdiri dari 47 tahanan umum dan 1 Tahanan Patsus Propam Polres Kapuas yaitu 43 tahanan laki-laki dan 4 orang di antaranya merupakan tahanan perempuan.

"Hasil pengecekan itu, semua tahanan dinyatakan dalam keadaan lengkap dan sehat, tapi kami tetap akan awasi dan kontrol situasinya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru