Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran Kotim Harus Perhatikan Aspek Sosial Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 04 September 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo menekankan agar dalam kebijakan politik anggaran DPRD Kotim tahun 2020 ini harus memperhatikan aspek sosial di masyarakat. 

Salah satunya untuk menekan angka kemiskinan. Seberapa besarpun nominal APBD Kotim jika tidak mampu menjawab tantangan penyelesaian persoalan kemiskinan maka tidak akan ada artinya.

“Penyusunan APBD sudah seharusnya mempertajam terhadap dampak nyata kepada masyarakat miskin itu yang kami harapkan," kata Handoyo, Jumat, 4 September 2029.

Ia menyebutkan persoalan kemiskinan itu memang sangat mudah ditemui. Namun anehnya secara perhitungan statistik pemerintah mengklaim pertumbuhan ekonomi membaik dan rakyat miskin cenderung berkurang. 

Sementara jika di lapangan tidak sedikit masyarakat datang dan mengadu kesulitan ekonomi hingga pekerjaan kepada DPRD Kotim. 

“Hal ini kita sampaikan karena banyaknya di temui keluhan-keluhan masyarakat miskin yang terlewatkan dengan begitu saja tanpa pernah merasakan langsung dari hasil APBD yang kita bahas di setiap tahunnya," tegasnya.

Handoyo menyebutkan, kondisi APBD Kotim  ini sejatinya mebawa azas manfaat ketika dalam pelaksanaanya bisa membawa kemajuan dan  peningkatan terhadap kehidupan masyarakat. 

APBD itu kata dia sederhana saja, tujuannya untuk kemaslahatan orang banyak.  Tetapi  seberapa besarpun APBD jika dalam praktiknya tidak dinikmati oleh masyarakat akan percuma.

Caranya, kata Handoyo agar APBD itu memang betul dinikmati adalah jadikan masyarakat sebagai  objek pembangunan. Segala bentuk aspirasi dan suara masyarakat wajib jadi bahan masukan dalam pembangunan.

Terutama hasil musrenbang kalau di eksekutif dan reses di DPRD, yang mana program berdasarkan suara masyarakat. (NACO/B-5)

Berita Terbaru