Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Berikan Latihan Teknik Padamkan Karhutla

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 04 September 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polisi dari Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Bripka Edris memberikan teknik pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau K2N di Aula Kelurahan Petuk Ketimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Jumat 4 September 2020.

Edris mengajarkan masyarakat dan para mahasiswa yang melaksanakan K2N di kawasan tersebut tentang cara memadamkan karhutla yang terjadi di tanah berstuktur gambut.

Ia mengajak masyarakat maupun mahasiswa dengan melakukan gerakan masyarakat peduli api atau MPA untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Dalam pelaksanaan pemadaman kebakaran lahan di tanah gambut, kata Edris, tidaklah mudah. Sebab, api merambat hingga ke bagian dalam. 

"Oleh karena itu, harus menggunakan penyemprot bertekanan tinggi dan persediaan air yang cukup banyak,” ucapnya saat memberikan materi pelatihan.

Dia berharap, adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat setempat agar peduli dan berupaya mencegah terjadinya karhutla. 

"Hal itu untuk menjaga kelestarian alam dan terbebas dari ancaman kabut asap,” pungkasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-7)

Berita Terbaru