Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan di Bungur Diduga Akibat Putung Rokok

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 September 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hingga kini, polisi masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran lahan yang terjadi di Pangkalan Bungur, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan. Penyebab kebakaran yang menghanguskan belasan hektar lahan warga tersebut diduga akibat putung rokok.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana melalui Kasat Reskrim AKP Rendra Aditia Dhani, bahwa penyebab kebakaran yang menghanguskan kurang lebih 14 hektar lahan kebun sawit milik warga tersebut, diduga akibat putung rokok pemancing.

"Saat kejadian banyak pemancing di sekitar lokasi, namun ini masih kita duga dan masih kita lakukan penyelidikan," ujar Rendra saat dikonfirmasi pada Jumat, 4 September 2020.

Dia melanjutkan, hingga kini setidaknya sudah ada 6 saksi yang telah dimintai keterangan. termasuk pemilik lahan. Namun demikian, pihaknya masih melakukan pengembangan.

Diinformasikan bahwa, kebakaran lahan tersebut terjadi di wilayah Pangkalan Bungur, Kelurahan Baru pada 1 September 2020. Kebakaran tersebut membuat Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana turun dan ikut membantu pemadaman.

TIM Satgas Karhutla yang terdiri atas TNI-Polri, BPBD dan Tagana serta tim lainnya yang tergabung dalam Satgas turut ikut memadamkan apai. Bahkan Helikopter Water Boombing pun diterjunkan untuk memadamkan.

"Beruntung saat itu terjadi hujan yang cukup lebat, sehingga api tidak meluas dan api padam. Namun demikian, kita tetap mencari pelaku penyebab kebakaran," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru