Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menag Fachrul Razi Memberi Bantuan Rp 65 M di Program Kita Cinta Papua

  • Oleh Teras.id
  • 07 September 2020 - 10:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi menyerahkan
bantuan senilai Rp 65 miliar untuk Provinsi Papua dan Papua Barat. Bantuan ini merupakan bagian dari program Kita Cinta Papua yang dirilis Kementerian Agama pada 3 September 2020 di Kota Jayapura, Papua.

Bantuan diberikan berupa beasiswa untuk anak-anak Papua, bantuan untuk pendidikan agama dan keagamaan, serta bantuan untuk lembaga keagamaan. Program ini bertujuan memacu kuantitas dan kualitas sumber daya manusia Papua di bidang agama dan pendidikan melalui jalur keagamaan.

"Insya Allah dengan program ini mulai tahun 2024 setiap tahun paling tidak kita mendapat tambahan 200 anak Papua sarjana S-1 yang siap mengabdi di Papua atau di wilayah Indonesia lainnya atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Fachrul lewat keterangan tertulis, Ahad, 6 September.

Pada tahap pertama di bidang pendidikan Kemenag memberi beasiswa kepada 257 mahasiswa Kristen Papua untuk kuliah S-1 di enam Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN), yaitu di Manado, Ambon, Toraja, Palangkaraya, Kupang dan Tarutung (Sumut).

Enam Rektor STAKN ini diundang ke Papua untuk menjemput para calon mahasiswanya. Pada 6 September 2020 mereka akan dibawa para Rektor langsung ke kampus masing-masing.

Selain bantuan tersebut, Kemenag memberi beasiswa kepada 285 mahasiswa muslim, 90 mahasiswa Katolik, bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dan BOS untuk sekolah-sekolah keagamaan Islam, Kristen, Katolik dan Buddha.

Selain itu, Kemenag membangun lima gedung baru madrasah, memberi bantuan pembelajaran daring, serta bantuan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan lainnya.

Di bidang penguatan kehidupan beragama, Kemenag memberi bantuan rehabilitasi dan bantuan operasional di masa pandemi Covid-19 untuk rumah-rumah ibadah semua agama.

"Pada tahap berikutnya, dalam waktu dekat, Kemenag akan membangun kantor-kantor Kemenag Kabupaten yang belum terbangun. Kemenag juga akan memperbanyak penyuluh-penyuluh agama," ujar Fachrul.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru