Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Hoaks Jelang Pilkada Kalteng 2020

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 07 September 2020 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Intensitas penggunaan media sosial yang membahas tentang Pilkada Kalimantan Tengah (Kalteng) semakin tinggi. Media sosial menjadi salah satu cara untuk menyebarkan informasi dengan cepat.

Terkait itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Daerah (Diskominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau, Moh Insyafi mengingatkan agar semua pengguna media sosial waspada terhadap kabar bohong atau hoaks. Sebab, momen pilkada rawan memicu konflik.

"Pengguna media sosial harus waspada setiap menerima informasi apapun. Supaya kita tidak ikut-ikutan menyebarkan hoaks," kata Insyafi, Senin, 7 September 2020. 

Ia menegaskan, pengguna media sosial harus benar-benar memperhatikan setiap informasi yang didapat. Salah satunya mengecek akurasi informasi dan referensi dari sumber lainnya.

"Jadi harus ada perbandingan. Kalaupun informasi itu benar, minimal kita jangan ikut menyebarkan. Apalagi menyangkut masalah Suku, Agama, Ras dan Antar golongan," tegas dia.

Insyafi membeberkan, pada intinya dirinya meyakini jika masyarakat sudah sangat bijak dalam penggunaan media sosial. Termasuk menyaring setiap informasi yang beredar.

"Intinya kita harus menjaga diri kita. Hati-hati menggunakan jari dan jaga lisan kita. Jangan sampai kita ikut menyebarkan berita bohong," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-11)

Berita Terbaru