Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMD Barito Timur: Mendirikan BUMDes Bukan Hanya Ikut-Ikutan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 September 2020 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Barito Timur, Barnusa menegaskan pendirian Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes harus merupakan inisiatif bersama antara pemerintah desa dan masyarakat.

"BUMDes dibentuk bukan sekedar karena ikut-ikutan, karena kalau cuma ikut-ikutan nanti bisa mati suri atau gulung tikar" jelasnya, Senin 7 September 2020.

Dengan inisiatif bersama tersebut maka akan dirumuskan jenis usaha yang relevan untuk digarap oleh BUMDes.

"Jenis usaha harus menyesuaikan potensi ekonomi di desa seperti pertanian, peternakan, wisata atau perdagangan serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat karena tujuan pendirian BUMDes untuk mensejahterakan masyarakat," lanjutnya.

Barnusa juga mengingatkan saat pendirian BUMDes harus memperhatikan ketersediaan sumber daya manusia atau SDM yang akan mengelola BUMDes.

"SDM adalah kunci untuk bisa mengembangkan atau memajukan BUMDes jadi harus orang-orang yang memang mampu dan memiliki sikap yang baik," tegasnya.

Selain itu SDM pengelola BUMDes dipersiapkan dengan diikutkan pelatihan. Dia juga memastikan bahwa DPMD telah menyiapkan rambu-rambu yang menjadi patokan bagi pemerintah desa dalam pendirian BUMDes.

"Jadi dalam perencanaan pendirian BUMDes harus memperhatikan juga pengelolaan keuangan pemerintah desa sehat atau tidak, karena syarat penyertaan modal 51 persen berasal dari pemerintah desa dan 49 persen dari masyarakat," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru