Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Pemkab Kotim Perhatikan Kelompok Petani Rotan dan Karet

  • Oleh Naco
  • 07 September 2020 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Kadir  mendukung pemerintah untuk gencar memperhatikan kelompok tani dimasyarakat terutama petani karet dan rotan.

Salah satunya dengan program pengadaan bibit karet, rotan hingga tanaman lainnya yang memiliki nilai ekonomis.

“Pemerintah saya anggap kurang perhatianya untuk sektor perkebunan karet, rotan dan sejenisnya," katanya, Senin, 7 September 2020.

Padahal dengan program pengadaan bibit salah satunya menjadi salah satu upaya agar masyarakat memanfaatkan lahan, selain itu juga untuk mempertahankan sisa hutan yang ada ini.

Sebab dengan perhatian kepada petani itu maka akan berdampak positif guna mempertahankan sisa hutan yang ada. Salah satunya penggalakan budidaya tanaman rotan. 

Sebab dalam sistem budidaya tanaman rotan tidak sembarangan menebang pohon  bahkan menambah jumlah pohon yang ada sebagai wadah untuk tumbuhnya tanaman merambat ini.

 “Selain hutan masih dipertahankan juga ditambah lagi rotan punya nilai ekenomis yang barang tentu akan menambah penghasilan keluarga itu sendiri," tukasnya.

Saat ini sisa hutan di Kotim sudah menipis padahal sisa  hutan ideal tersisa adalah 40 persen, sedangkan 60 persen itu digunakan untuk kawasan investasi baik bidang kehutanan atau perkebunan, termasuk kawasan pemukiman. 

"Sekarang kalau menurut data kami itu hutan kita ini dari total luasan itu hanya tersisa 25 persen, syukur-syukur itu hutan, karena di lapangan itu sebenarnya ada yang tidak ada hutannya lagi sudah alih fungsi dari permukiman dan lain sebagainya," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru