Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Atur Keamanan Browser Agar Terhindar dari Hacker

  • Oleh Teras.id
  • 08 September 2020 - 09:15 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tips teknologi kali ini mengulas tentang bagaimana cara melakukan pengaturan browser agar terhindar dari pencurian data pribadi oleh peretas atau hacker. Pasalnya, banyak pengguna smartphone tidak menyadari bahwa browser ponsel pintarnya sangat mudah berakhir di situs web yang samar dan berpotensi terjadi peretasan.

Ada beberapa platform pencarian informasi yang aman dan sering digunakan di antaranya Chrome, Firefox, Safari atau Edge. Namun, untuk membuat platform tersebut lebih aman, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, berikut detailnya, seperti dikutip Fox News, Minggu, 6 September 2020:

1. Pengaturan lokasi, mikrofon, atau kamera

Sebagian besar browser web mengakses lokasi geografis Anda melalui alamat IP Anda untuk menyajikan hasil pencarian lokal. Browser Anda mungkin juga memiliki akses langsung ke izin penggunaan kamera dan mikrofon internal perangkat Anda.

Ini memang nyaman, tapi ini merupakan risiko keamanan yang sangat besar. Dengan perangkat lunak berbahaya yang tepat, peretas bisa menggunakan akses itu untuk keuntungan mereka. Hentikan kemungkinan itu dengan membatasi akses ke lokasi, kamera, dan mikrofon Anda.

Sebaliknya, buat browser meminta izin setiap kali mencoba mengaksesnya. Dari browser Anda, buka Pengaturan atau Preferensi, dan lihat di bagian bawah, pilih Privasi atau Privasi dan Keamanan. Di bawah Layanan Lokasi atau Lokasi, pilih Tolak tanpa diminta atau Tanya sebelum mengakses.

Lakukan hal yang sama juga pada pengaturan Kamera dan Mikrofon di pengaturan Privasi Anda. Anda mungkin perlu masuk ke pengaturan komputer di Mac untuk menyesuaikan akses, ini bukan hanya Safari. Langkah tersebut juga berlaku pada situs Chrome, Firefox, dan Edge.

2. Hentikan download otomatis sebelum dimulai

Seperti layanan lokasi dan akses cepat ke kamera Anda, browser Anda juga bisa mengunduh sesuatu saat Anda mengeklik. Jangan sampai seperti itu, karena membuka unduhan secara otomatis dapat menimbulkan masalah keamanan.

Untuk menghentikannya, ada beberapa langkah. Pertama pada Chrome, Anda cukup klik menu tiga titik, lalu pilih Pengaturan. Klik pilihan Privasi dan Keamanan di sebelah kiri, pilih Pengaturan Situs. Di bagian bawah terdapat ‘Izin’, klik Download otomatis, dan alihkan ke tombol Tanya saat situs ... ke Aktif.

Berita Terbaru