Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Ketua Bawaslu Katingan Terkait Rakor Sentra Gakkumdu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 September 2020 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Katingan, Yosafat E Kawung mengatakan rapat koordinasi atau rakor penegakkan hukum terpadu atau Gakkumdu yang mereka laksanakan, Selasa, 8 September 2020 hari ini diharapkan memberikan bekal pemahaman terhadap pengawas pemilu di seluruh tingkatan dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng 9 Desember 2020.

"Kami berharap dengan dilaksanakan acara ini khususnya teman-teman pengawas ditingkat kecamatan maupun kelurahan dan desa dapat pemahaman dan bekal terkait dengan bagaimana mekanisme dan pola penamganan pelanggaran khusus pelanggaran yang ada kaitannya dengan pelanggaran tindak pidana," ujarnya.

Pasalnya teman-teman Panwascam maupun  Panwas kelurahan maupun  desa adalah garda terdepan untuk Bawaslu Kabupaten Katingan.

"Melalui kegiatan ini tentu kami berharap mereka mendapatkan pemahaman bekal untuk melaksanakan tugas mereka di lapangan nantinya," katanya.

Rapat koordinasi sentra Gakkumdu hari ini diikuti seluruh panitia pengawas kecamatan, dan panwas kelurahan maupun desa se Kabupaten Katingan.

Ditanya terkait kesiapan menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng, Yosafat E Kawung mengatakan, secara kelembagaan pihaknya sudah membenuk seluruh jajaran sampai ketingkat desa sesuai  dengan regulasi yang ada terkait dengan pelaksanaan pengawasan.

"Tidak hanya melakukan pegawasan,  hal utama yang dilakukan oleh Bawaslu adalah melakukan pencegahan diawal, kemudian melakukan sosialisasi serta melakukan pengawasan baru kemudian melakukan penindakan terhadap beberapa pelanggaran yang terjadi," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru