Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Antusias Gunakan Sistem Baru Pertanian

  • Oleh James Donny
  • 08 September 2020 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Penerapan sistem baru dengan cara yang lebih modern membuat petani di Kabupaten Pulang Pisau semakin antusias dalam mengolah lahan di kawasan food estate.

Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Gofridson mengatakan, modernisasi memberikan dampak positif bagi petani dan petani menyambutnya dengan antusias. 

Sejumlah alat mesin pertanian yang telah disalurkan untuk pengolahan sawah di kawasan food estate dalam penggunaannya, Dinas Pertanian menerapkan sistem brigade dan petani, kata dia, sangat respon mengikuti aturan tersebut. 

"Brigade dinas ini kita terapkan untuk mendukung petani secara keseluruhan, artinya alat tidak dimiliki oleh petani, dan semua petani menggunakan alatnya bersama-sama," jelasnya. 

Dengan penggunaan brigade dinas ini maka dilakukan kejar luas tanam dan dilakukan secara keroyok. "Ini bisa lebih cepat, dan merata dari luasan tanam yang akan digarap," terangnya. 

Dia mengatakan pada tahun ini sudah ada empat desa di dua kecamatan yang mulai melakukan optimalisasi lahan 10 ribu hektare untuk program awal food estate yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau tahun ini. 

Dalam program food estate tersebut berdasarkan data, ada seluas 56.521 hektar lahan yang akan digarap di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. 

Lahan yang sudah eksisting atau yang sudah ada dan siap digarap ada seluas 25.062 hektar, sementara lahan yang non eksisting seluas 19.950 hektar. Kemudian untuk potensi perluasan areal berada di kawasan PLG seluas 11.509 hektar. (JAMES DONNY/B-7) 

Berita Terbaru