Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejaksaan Negeri Katingan Siap Dukung Gakkumdu Terkait Pilkada Serentak 2020

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 September 2020 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kejaksaan Negeri Katingan mengaku siap mendukung tim penegakkan hukum terpadu atau Gakkumdu terkait pilkada serentak yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng 9 Desember 2020.

"Kejaksaan sebagai salah satu bagian dari Gakkumdu telah menunjuk jaksa yang ikut dalam Gakkumdu dan nantinya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang lain," kata Kasi Intel Kejari Katingan, Siswanto, Selasa 8 September 2020.

Menurutnya anggota Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kejaksaan maupun Polri ini dalam hal nanti terjadi laporan-laporan, maka mereka harus aktif.

Misalnya saat ada pelanggaran pemilu seperti, pelanggaran administrasi maupun pelanggaran yang mengarah pada potensi ke pidana.

"Kalau ada indikastrasi pelanggaran administrasi nanti akan dinilai oleh Bawaslu kemudian akan dibicarakan ditingkat Gakkumdu apakah itu administrasi atau pelanggaran pilkada," katanya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kecepatan, ketepatan dan ketelitian didalam menganalisa laporan terkait dengan pelanggaran pemilu.

Pasalnya terikat dengan batas waktu yang limitatif sehingga anggota Gakkumdu harus cepat dan tepat dalam menganalisa dan mengambil keputusan. Hal ini penting supaya nanti tidak dipersalahkan dalam pengambilan keputusan.

"Pada intinya kejaksaan juga siap personel dan siap mendukung mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020," ujarnya.

Siswanto berharap pelaksanaan Pilgub berlangsung dengan kondisi aman. "Yang perlu dicatat bahwa pilkada sekarang ini pada masa pandemi Covid-19. Kita ada ketentuan terkait dengan masa pandemi, misalnya larangan pengumpulan masa dalam jumlah banyak dan harus ingat juga jangan diabaikan protokol kesehatan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru