Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi IV DPRD Kotim akan Datangi Dirjen Perhubungan Laut

  • Oleh Naco
  • 10 September 2020 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur menyebutkan akan mendatangi Direktorat Jendral Perhubungan Laut  di Kementrian Perhubungan. 

Salah satunya menyikapi banyaknya terminal khusus di Kotim, karena perizinan yang diterbitkan pemerintah pusat yang perlu ditekankan yakni dari sisi kelayakan sangat perlu dipertanyakan dan dijawab oleh pemerintah pusat.

Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Dadang H Syamsu menyebutkan perlu dipertanyakan bagaimana bisa diterbitkan izinnya namun dari sisi kelayakan itu  sangat meragukan. 

"Ini akan jadi pointer utama kami dalam waktu dekat ini bersama pihak terkait untuk langsung ke Dirjen,” katanya, Kamis, 10 September 2020.

Dadang menyebutkan ada juga dari sisi kelayakan tersus yang mereka temui sudah memenuhui standar.

Bahkan sangat layak sehingga untuk itu mereka juga melihat perbedaan antara tarsus yang satu dengan lainnya jauh berbeda dari sisi kelayakan dan keamanan operasionalnya. 

“Ada juga tarsus yang asal-asalan yang penting kapal bisa sandar, bahasa kasarnya itu  mengikat kapal pun tak ada tempatnya hanya menggunakan media pohon-pohon disekitarnya. Nah ini juga yang kami pertanyakan apa memang boleh begitu  standar kelayakannya,” tehas politisi PAN ini.

Dalam beberapa pekan terakhir DPRD Kotim melakukan kunjungan kerja ke sejumlah terminal khusus. Hal ini juga menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai minimnya pengawasan terhadap tersus yang beroperasional di Kotim. 

Bahkan cenderung mengabaikan sisi keamanan dan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, DPRD bersama KSOP langsung meninjau sejumlah pelabuhan sampel tersebut, terutama untuk kepentingan bongkar muat CPO atau produk dari usaha perkebunan kelapa sawit. (NACO/B-6)

Berita Terbaru