Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Belum Optimal Kelola Sektor Wisata, Ini Sebabnya

  • Oleh Trisno
  • 10 September 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemkab Murung Raya  mengakui sampai saat ini belum bisa berbuat optimal dalam hal pengelolaan sektor pariwisata khususnya pengelolaan sejumlah objek wisata yang ada.

Namun, pemerintah tidak lantas mengabaikan sector tersebut, karena setiap tahun selalu ada alokasi anggaran untuk pembenahan sejumlah objek wwisata, karena itu sebagian besar objek wisata khususnya di Mura sudah di benahi secara bertahap menggunakan dana APBD.

 “Namun dalam hal pemeliharaan objek wisata kita menemui beberapa kendala. Diantaranya kurang kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan objek wisata,” kata Wakil Bupati Mura, Rejikinoor.

Selain itu, Lanjut Wabup, perlu adanya komitmen bersama dari semua pihak termasuk dukungan dari legislatif, agar di tahun-tahun mendatang mendapat anggaran yang dikhususkan pada kegiatan pemeliharaan dan pengelolaan objek wisata.

“Untuk objek wisata yang letaknya tidak jauh dari Kota Puruk Cahu akan kita pertimbangkan untuk dilimpahkan pengelolaannya kepada pihak desa/kelurahan dan kecamatan setempat, sehingga dalam pengembangan dan pengelolaan kepariwisataan di Kabupaten Mura dapat meningkatkan PAD,” bebernya.

Rejikinoor menambahkan, selain itu tahun 2021 akan mengajukan rencana induk pembangunan pariwisata daerah (Ripparda) yang merupakan salah satu persyaratan agar pemkab mendapatkan kucuran anggaran APBN melalui kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru