Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Ajak Negara Mitra ASEAN Jaga Stabilitas, Perdamaian Kawasan

  • Oleh ANTARA
  • 10 September 2020 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Indonesia mengajak dua negara mitra ASEAN yaitu Australia dan Selandia Baru untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Pesan tersebut terus disuarakan Indonesia dalam rangkaian Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) ke-53, termasuk di antaranya Pertemuan Menlu ASEAN-Australia dan Pertemuan Menlu ASEAN-Selandia Baru yang berlangsung secara virtual pada Kamis.

“Dan ini merupakan pesan utama yang disampaikan di tengah situasi rivalitas yang saat ini terjadi di dunia dan termasuk di kawasan kita,” kata Menlu Retno Marsudi mengenai pertemuan tersebut.

Secara khusus, Indonesia mengajak Australia untuk bersama-sama menjauhkan kawasan dari potensi dijadikan “panggung kontestasi geopolitik” oleh negara-negara besar.

Sebagai negara yang telah mengaksesi Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama (TAC) ASEAN pada 2005, Australia diharapkan ikut menerapkan prinsip penolakan terhadap ancaman dan penggunaan kekerasan, komitmen untuk menyelesaikan masalah dengan cara damai, serta terus mengutamakan kerja sama.

“Prinsip-prinsip tersebut diharapkan dapat terus diterapkan, di tengah tantangan geopolitik saat ini,” ujar Retno.

Sementara dengan Selandia Baru, Indonesia menilai negara tersebut dapat memainkan peran penting untuk mendorong nilai kolaborasi, saling menghargai, dan saling percaya di kawasan.

Terkait dengan tindak lanjut ASEAN Outlook on the Indo-Pacific tahun lalu, Indonesia juga meminta Selandia Baru untuk menjembatani hubungan ASEAN dengan negara-negara di Kawasan Pasifik.

“Karena rivalitas di kawasan berpotensi berdampak pada meningkatnya tensi dan distrust,” kata Retno.

Meningkatnya tensi dan rivalitas dari negara-negara besar menjadi situasi yang dikhawatirkan oleh Indonesia, terlebih saat dunia menghadapi tantangan global pandemi COVID-19.

Berita Terbaru